Home » » TUTORIAL CARA MEMPERCEPAT KOMPUTER

TUTORIAL CARA MEMPERCEPAT KOMPUTER

KET : PERHATIKAN ARAH TANDA PANAH
Seperti yang kita ketahui memory ram pada sebuah pc mempunyai peran yang sangat vital. dengan adanya memory ram akan memperingan kerja prosesor yang berujung pada meningkatnya kecepatan sebuah komputer atau laptop anda. Semakin besar kapasitas dan kecepatan Memory RAM akan menjadi salah satu penentu kinerja suatu komputer/laptop anda, karena setiap proses yang dijalankan akan selalu melibatkan memory RAM sebagai memory utama.


Untuk Mempercepat Kinerja Komputer atau laptop maka sobat dapat menambah kan virtual memory secara fisik atau jika budget di kantong tidak cukup, maka sobat dapat menambah kan kapasitas memory secara virtual yang lebih dikenal dengan paging file (file swap).
Virtual Memory ini berfungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM (Random Access Memory) itu sendiri. File swap memanfaatkan kapasitas hard disk untuk menampung file-file yang bersifat sementara. Semakin banyak sobat menggunakan aplikasi secara bersamaan, file swap yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar. Sebaliknya, semakin sedikit Sobat menggunakan aplikasi secara bersamaan, semakin sedikit pula virtual memory yang digunakan. Sehingga besar kecilnya virtual memory yang dibutuhkan sangat tergantung dari cara pemakaian Sobat. Walaupun begitu, kecepatan proses pada file swap ini tidaklah secepat pada memory aslinya. Hal ini dipengaruhi karena kecepatan putar hard disk itu sendiri juga tidak secepat proses pada RAM. Umumnya kapasitas minimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 1,5 kali dari kapasitas RAM yang Sobat gunakan.

CARA MEMBUAT VIRTUAL MEMORY PADA WINDOWS 7 

1. Klik start > lalu klik kanan menu computer > klik properties

virtual memory.png

2. Klik tab Advanced > klik Setting pada menu Performance

virtual memory.png

3. Klik tab Advanced > Change
virtual memory.png
4. Unchecklist Automaticaly manage pagging file > Pilih partisi yang akan anda buat virtual memory (disini saya menggunakan partisi D:) > cek list custom size > masukan jumlah virtual memory (saya sarankan untuk menggunakan recomended size agar tidak terlalu banyak menggunakan kapasitas hdd) > Klik set > apply > restart

virtual memory.png

Setelah anda Restart maka Virtual memory komputer anda sudah aktif , mudah-mudahan ada perubahan dan peningkatan kinerja windows di komputer atau notebook sobat.